Apa efek samping dari KB Implan?

AM Info Penanya: AM, Pria, 1 Tahun
maaf sbumx dok , sya sinta .. saya kan pasang kb implan yg jangka 3 thn .. tapi pas saya pasang implan saya semntara haid .. awalnya haid lancar tapi nnanti akhir² maret ini saya blum dpat haid sampai sekarang dok , saya mau tanya klo pasang kb implan sementara haid itu , apakah tiap bulan harus dapat haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AM,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB implan adalah alat kontrasepsi jangka panjang yang bisa digunakan. Penggunaan alat ini hingga 3 tahun. Alat kontrasepsi ini adalah tabung plastik kecil dan fleksibel seukuran korek api, yang berisi hormon untuk mencegah kehamilan. Tabung ini (yang sering disebut susuk) akan dimasukkan (atau diimplan) ke dalam kulit lengan atas.

KB yang sudah dimasukkan ke bawah kulit akan melepaskan hormon progestin dengan kadar rendah. Kemudian, hormon tersebut akan mencegah ovulasi (pelepasan sel telur dalam siklus bulanan). 

Namun KB Implan juga mempunyai beberapa efek samping, diantaranya :

  • Haid menjadi tidak teratur, atau tidak haid sama sekali.
  • Darah haid menjadi lebih banyak, atau malah menjadi lebih sedikit.
  • Flek/bercak darah yang keluar saat sedang tidak haid.
  • Berat badan bertambah.
  • Jerawat
  • Payudara nyeri
  • Rasa sakit, infeksi, dan bekas luka di kulit tempat susuk dimasukkan (diimplan).

Namun Anda tidak perlu khawatir, efek samping dari penggunaan KB Implan ini biasanya tidak akan lama dan membaik seiring dengan perjalanannya waktu. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat, makan- makanan bergizi dan olahraga teratur. Jika efek samping dari KB Implan dirasa dangat menggangu, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tahukah Anda, ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi es krim, untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Ternyata Tak Kalah Lezat!

Nutrisi yang bersumber dari makanan dapat meningkatkan potensi kehamilan, dan menjaga kesehatan ibu serta janin. Asam folat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan merupakan beberapa contoh dari nutrisi yang sebaiknya ada dalam menu makanan sehat untuk ibu hamil.