Apakah benar KB bisa membuat rahim kering dan membuat lama hamil?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 20 Tahun
Selamat pagi dok,, saya mau nnya nih. Saya kan rencananya mau nikah tapi mau KB dlu karena masih kuliah. Nah tpi orangtua ga setuju buat KB katanya bisa membuat rahim kering dan bisa membuat lama hamil bahkan ga bisa hamil. Apakah itu bnar dok? Dan gimana solusinya? Dan KB apakah yg cocok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NS,

Kontrasepsi adalah metode yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kehamilan, dimana metode kontrasepsi bertujuan untuk merencanakan kehamilan sesuai dengan kebutuhan dan juga saat yang tepat. Apabila akan segera menikah dan ingin menunda dulu karena alasan tertentu, tentunya bisa menggunakan kontrasepsi, tapi metodenya perlu dipilih dengan tepat.

Metode kontrasepsi sendiri beragam, tentunya dengan masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Apabila usia masih muda, belum pernah hamil dan menunda kehamilan tidak terlalu lama pilihan KB yang bisa digunakan adalah:

Mitos tentang KB sendiri beragam, tapi mitos mengenai rahim kering sendiri tidak benar adanya. Apabila bisa membuat lama hamil, metode KB suntik bisa memberikan efek demikian. Karena pada KB suntik, setelah dilepas memerlukan waktu untuk bisa kembali subur, dan tidak jarang memerlukan waktu yang cukup panjang.

Untuk itu bicarakan dengan pasangan mengenai rencana kedepannya ingin menunda berapa lama dan bisa konsultasikan pada dokter untuk metode kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi Anda tersebut.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pranikah terlebih dahulu agar mengetahui ada tidaknya masalah kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.