suntik KB 3 bulan terlambat 10 hari

RS Info Penanya: RS, Pria, 1 Tahun
Dok .saya kan KB 3bln .. tgl 25 Minggu kemaren harusnya disuntik . Cuman saya salah liat taggal jadi tgl 5 .. KB nya jadi telat 10 .. apa akan hamil Dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RS,

Suntik KB 3 bulan dilakukan tiap 12 minggu sekali dan dilakukan terus menerus selama masih menunda dan mencegah kehamilan. Apabila terlambat melakukan suntik, kemungkinan hamil bisa terjadi. Untuk itu sebelum kembali melakukan penyuntikan ada baiknya dilakukan pemeriksaan testpack terlebih dahulu.

Apabila suntik KB sudah rutin dilakukan, seringnya efek penyuntikan masih bersisa sehingga meskipun tidak suntik KB masih memerlukan waktu untuk kembali subur dan kembali hamil.

Apabila merasa kesulitan mengingat kapan jadwal untuk kembali suntik setiap 3 bulan sekali, Anda bisa coba memilih metode kontrasepsi lain yang lebih cocok. Beberapa pilihan metode kontrasepsi lain diantaranya adalah:

  • KB implan, dimana pemasangan hanya 1 kali dan bisa memberikan perlindungan hingga 3 tahun
  • IUD atau KB spiral, dimana pemasangan hanya 1 kali dan bisa memberikan perlindungan hingga 5 tahun
  • Pil KB, perlu dikonsumsi setiap hari di waktu yang sama untuk memberikan perlindungan optimal
  • Kondom, digunakan saat berhubungaan seksual saja

Perhatikan juga efek samping yang timbul dari masing-masing metode kontrasepsi untuk menentukan metode KB mana yang cocok untuk Anda agar perencanaan keluarga bisa berjalan sesuai rencana. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.