15 Mar 2021, 11:01Kandungan

Suntik KB 3 bulan, apa bisa terjadi kehamilan?

FK
Info Penanya: FK0
Sg dok...sy mau nanya dok sy suntik kb yg tiga bulan..slama 4 tahun sy suntik kb tidak pernah haid..dan kemaren dy suntik kb dan bru tiga hari sy berhubungan badan sama suami sy apa kah bisa mengakibat kan kahamilan..
139 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, FTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB jika dilakukan secara rutin dan sesuai dengan jadwal suntik yang telah diberikan memiliki efektivitas mencapai 99%, artinya hanya ada kemungkinan kecil untuk terjadi kehamilan yaitu sebesar 1%. Tetapi, bila dilakukan tidak rutin dan sesuai jadwal maka efektivitasnya akan menurun yang artinya peluang untuk terjadi kehamilan semakin besar.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pemakaian suntik KB:

  • Bisa bertahan lama mencapai 8 - 13 minggu
  • Tidak perlu menghitung masa subur saat akan bergubungan
  • Tidak perlu konsumsi pil KB atau menggunakan alat konratsespi lain saat berhubungan
  • Membantu meredakan nyeri haid
  • Cukup aman untuk ibu menyusui
Namun beberapa kekurangan suntik KB adalah siklus haid tidak lancar, tidak bisa melindungi Anda dari terinfeksi penyakit menular seksual, muncul jerawat dan lain sebagainya. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika Adan melakukan suntik KB secara rutin dan sesuai jadwal, maka tidak perlu khawatir karena hanya ada kemungkinan sangat kecil yaitu 1% untuk terjadi kehamilan seperti yang sudah disampaikan di atas. Namun, bila Anda tidak rutin dan tidak sesuai jadwal, alangkah baiknya lakukan tes kehamilan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan suntik KB pada periode berikutnya.Usahakan tetap menjaga kebersihan area kemaluan, konsumsi makanan yang bergizi, hindari kelelahan, lakukan istirahat cukup, hindari seks bebas, konsumsi sayur dan buah dan olahraga ringan secara rutin agar tubuh tetap sehat. Periksa ke dokter spesialis kandungan bila ada keluhan seputar kesehatan reproduksi Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil