19 Jan 2021, 20:07Kandungan

Efek samping KB 3 bulan, wajah jadi kusam?

SB
Info Penanya: SB0
Saya KB 3 bualn kok wajah sy kusam ya dok mohon bantuannya
502 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat malam SB ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB merupakan salah satu KB yang mengandung hormon progestin. Hormon ini berlangsung sama seperti hormon progesteron yang diproduksi ovarium untuk mengentalkan leher rahim sehingga sel sperma kesulitan untuk berenang ke dalam rahim. Hormon tersebut juga membuat dinding rahim semakin tipis sehingga sulit untuk menempel sel telur.

Beberapa efek samping penggunaan KB :

  • Gangguan siklus menstruasi 
  • Berat badan berlebihan
  • Gangguan seks menurun
  • Berisiko osteoporosis
  • Gangguan mood
  • Jerawat
  • Gangguan hormon seperti wajah kusam 
Berkaitan dengan keluhan yang Anda alami, bisa saja keluhan yang Anda alami merupakan salah satu penggunaan KB Suntik. Jika Anda merasa keluhan tersebut sangat menggangu. Lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda.Jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, banyak konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari, olahraga tertur minimal 3-4 kali/minggu, terapkan pola hidup sehat, hindari rokok dan alkohol.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil