10 Jan 2021, 20:22Kandungan

Kapan harus suntik KB 3 bulan kembali, apakah setelah haid selesai ?

DZ
Info Penanya: DZ0
Dok tgl 22-12-2020 saya baru pertama kali suntik kb 3 bulan, suntik selanjutnya saya dijadwalkan tgl 9-3-2021, tapi tanggal 10 januari 2021 saya haid, selesai haid saya harus langsung suntik kb lagi apa tidak ? Apa harus menunggu jadwal suntik yang sudah ditetapkan ?
3032 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, D.Banyak wanita yang belum siap untuk memiliki keturunan lagi setelah melahirkan anak. Ini dapat disebabkan oleh trauma rasa sakit persalinan yang lalu, kehamilan yang memiliki banyak keluhan, atau jarak anak yang masih terlalu kecil, membuat wanita menunda untuk hamil kembali. Ada beberapa cara utuk menunda kehamilan, salah satunya dengan menggunakan alat kontrasepsi.

Kapan harus suntik KB 3 bulan kembali, apakah setelah haid selesai ?

KB suntik 3 bulan banyak diminati wanita karena tidak perlu suntik KB tiap bulan, dan konsumsi pil KB secara rutin. KB suntik 3 bulan juga sangat efektif dalam mencegah kehamilan. Namun efek yang ditimbulkan dari KB suntik 3 bulan ini, juga lebih banyak seperti peningkatan berat badan, muncul jerawat, gairah seksual yang menurun, kondisi vagina menjadi kering, siklus menstruasi yang berantakan. Ini semua membuat rasa tidak nyaman pada wanita. Wanita yang menggunakan KB suntik 3 bulan dapat datang kembali suntik dengan rumus tanggal dikurang 7 hari, bulan ditambah 3, tahun menyesuaikan. Misalnya Anda terakhir suntik KB 3 bulan 22 Desember 2020, berarti Anda kembali suntik KB 3 bulan (22 dikurang 7 yaitu 16, bulan ditambah 3 yaitu bulan Maret, tahun 2021). Jadi Anda kembali suntik KB 3 bulan tanggal 16 Maret 2021.Walau Anda haid tanggal 10 bulan Januari, Anda tetap harus suntik sesuai jadwal suntik KB yang ada. Jangan lupa untuk membuat pengingat di kalender atau pengingat di handphone agar jadwal KB ulang tidak lupa sehingga kehamilan tidak terjadi. Anda juga sebaiknya tidak berhubungan seksual segera setelah suntik KB, melainkan menunggu waktu 1 minggu pasca suntik KB untuk berhubungan seksual kembali. Jika setelah suntik KB 3 bulan Anda tidak datang bulan kembali, baik karena efek KB atau kehamilan, segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilankontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil