23 Dec 2020, 00:16Kandungan

Terlambat suntik KB, apa ada peluang hamil?

JA
Info Penanya: JA, Wanita, 34 Tahun
Saya harusnya suntik kb yang 3 bulan pada tgl 16 desember,tapi sy baru suntik tanggal 22 Desember,dan 17 jam setelah suntik itu saya berhubungan badan dengan suami saya, apakah saya bisa hamil?
315 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, JTerima kasih atas pertanyaan AndaPenggunaan suntik KB sebagai alat kontraspeis bagi pasangan suami sitri yang sedang menunda kehamilan sangat efektif. Bahkan, bila dilakukan secara rutin dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan efektivitasnya bisa mencapai 99% dalam mencegah kehamilan, artinya hanya ada kemungkinan kecil syaitu 1 % untuk terjadi kehamilan. tetapi, seamkin tidak rutin, maka semakin menurun efektivitasnya sehingga semakin besar peluang terjadi kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari suntik KB:

  • Bisa bertahan lama 8 - 13 minggu tergantung dari jenis suntik KB yang digunakan
  • Tidak perlu mengonsumsi pil setiap hari
  • Tidak perlu menghitung masa subur saat akan melakukan hubungan seksual
  • Membantu mengurangi nyeri saat haid
  • Relatif aman bagi ibu menyusui
Terkait dengan pertanyaan Anda, bila jadawal suntik KB Anda terlambat dan tidak sesuai jadwal maka efektiitas dari suntik KB yang Anda lakukan bisa menurun. Sedangkan setelah melakukan suntik KB sebaiknya berikan jeda 3 - 7 hari agar suntik KB kembali efektif dan bisa berfungsi secara normal. Sehingga, untuk pertanyaan Anda tetap ada peluang kecil untuk terjadi kehamilan. Sebaiknya untuk periode suntik KB berikutnya pastikan Anda sesuai jadwal agar suntik KB bisa bekerja secara efektif.Tetap jaga kebersihan area kewanitaan, gunakan celana dalam berhan katun yang menyerap keringat, gantilah celana dalam 2 -3 kali dalam sehari, konsumsi makanan sehat serta bergizi, konsumsi buah dan sayur serta berolahragalah dengan rutin. Bila ada keluhan seputar kesehatan organ kewanitaan, segera periksa ke dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil