01 Dec 2020, 19:11Kandungan

Apakah terlambat suntik KB bisa menyebabkan hamil?

IR
Info Penanya: IR, Wanita, 27 Tahun
Malam dok... Saya baru satu kali suntik KB yg 3 bulan ,,,tapi pada saat jadwal suntik KB selanjut nya sy lambat sehari seharus nya saya kembali suntik tanggal 11 tpi saya suntik nya di tgl 12 dan brhubungan di tgl 13...apa bisa hamil dok ??? Mw tes pack juga MasI takut dgn hasil nya dok...terima kasih atas wktu nya
275 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, IRTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB 3 bulan merupakan jenis kontrasepsi yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.  Hal ini terjadi karena adanya hormon yang mencegah pelepasan sel telur sehingga tidak dibuahi serta menghambat sel telur terbuahi untuk melekat pada dinding rahim sehingga mencegah sel telur berkembang menjadi janin.  Suntik KB memiliki tingkat efektivitas yang tinggi sekitar 99% dalam mencegah kehamilan apabila digunakan sesuai aturan dan jadwal yang telah ditentukan.

Penyebab kebobolan pada pengguna kontrasepsi suntik :

  • Telat suntik KB
    Jika memakai kontrasepsi jenis suntik memang perlu kedisiplinan karena rutin setiap 3 bulan sekali suntik. Hal ini sering membuat beberapa wanita kelupaan jadwal suntik.
  • Terlalu cepat berhubungan intim
    Setelah suntik umumnya perlu waktu hingga 7 hari sebelum berhubungan intim kembali karena KB perlu waktu 5-7 hari untuk bekerja efektif. Anda dapat menunda  atau gunakan kondom terlebih dahulu.
  • Masih ada risiko hamil
    Setiap kontrasepsi memang efektif 95-99% dalam mencegah kehamilan namun masih ada 1% risiko kehamilan.
Jadwal suntik yang telat akan berakibat pada efektivitas kontrasepsi yang menurun.  Ketika anda suntik namun esok harinya berhubungan tanpa pengaman maka masih ada kemungkinan untuk hamil.  Anda dapat lakukan testpack 10 hari dari setelah anda berhubungan atau ketika anda telat haid.  Untuk itu, pastikan anda tidak telat dalam suntik KB dan gunakan alat kontrasepsi lain ketika berhubungan setelah suntik. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilantes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil