11 Oct 2020, 06:06Kandungan

Suntik KB, apa kelebihan dan kekurangannya?

GR
Info Penanya: GR0
Selamat pagi dok, setelah melahirkan saya suntik KB 3 bulan yakni tgl 18-9-2020, tapi selang 11 hari yakni tanggal 29 -9-2020,saya haid & haid saya sampai 7 hari. Yg mau saya tanyakan, apakah saya perlu suntik KB lagi? Mengingat periode suntik KB saya yg lalu seharusnya kan bulan 11 baru suntik KB Lg. Terima kasih dok, mohon pencerahannya??
261 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, GTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Terdapat 2 jenis untik KB, yaitu suntiik KB 1 bulan (berisi hormon progestin dan esterogen), dan suntik KB 3 bulan (berisi hormon progestin). Tingkat keberhasilan dari suntik KB dalam mencegah kehamilan mencapai 99% bila dilakukan sesuai jadwal. Semakin tidak rutin dan tidak sesuai jadwal, maka peluan terjadinya kehamilan semakin besar.

Adapun kelebihan dari suntik KB di antaranya adalah:

  • Bertahan lama, tergantung jenis suntik KB (8 sampai dengan 13 minggu)
  • Tidak perlu mengonsumsi pil KB setiap hari
  • Tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain saat melakukan hubungan seksual
  • Tidak bereaksi dengan obat lain
  • Tidak perlu menghitung masa subur 
  • Membantu meredakan nyeri haid
Selain beberapa kelebihan, terdapat kekurangan suntik KB seperti siklus haid menjadi tidak lancar, keluhan sakit kepala, nyeri perut, timbulnya jerawat, berat badan bertambah karena nafsu makan bertambah, dan lain sebagainya. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila Anda melakukan suntik KB pada tanggal 18/09/2020, lakukanlah suntik KB 3 bulan sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan. Anda tidak perlu melakukan suntik KB kembali sebelum jadwal yang ditentukan. Pastikan Anda melakukan suntik KB sesuai dengan jadwal yang ditentukan agar efektifitas dari suntik KB dalam mencegah kehamilan tetap efektif. Bila terdapat keluhan terkait dengan penggunaan suntik KB, atau berencana ingin menggunakan alat kontrasepsi jenis lain, konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan terdekat.Semoga bermnafaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhaidpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil