Setelah suntik KB 3 bulan, setelah berapa lama boleh berhubungan kembali ?

EY Info Penanya: EY, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dok. Saya ingin bertanya Saya ini habis melahirkan pada 4maret 2020. Lalu saya KB 3 bulan pada tanggal 10 Mei. Stelah suntik ini jangka berapa hari yang benar" Aman untuk melakukan hubungan intim?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, EYY.

KB suntik adalah kontrasepsi hormonal dengan prosedur pemberian yang dilakukan melalui suntikan pada area tertentu di tubuh wanita. KB suntik memiliki dari dua jenis rentang periode, yakni periode 1 bulan dan 3 bulan. Tingkat keberhasilan dari KB suntik sama dengan jenis KB hormonal lainnya yakni lebih dari 99 persen. Hal tersebutlah yang membuat KB suntik banyak diminati.

Adapun beberapa kelebihan dari KB suntik yang meliputi :

  • bertahan selama berminggu-minggu sesuai jenis periode yang diambil, hanya dengan satu kali suntikan
  • tidak perlu penghitungan masa subur untuk berhubungan
  • dapat menjadi pilhan bagi wanita yang memiliki riwayat alergi pada bahan estrogen di dalam alat kontrasepsi jenis lainnya
  • tidak perlu dikonsumsi setiap hari seperti pil KB
  • relatif aman untuk Ibu menyusui
  • umumnya tidak menyebabkan interaksi dengan obat-obatan lain
  • dapat mengurangi kejadian nyeri haid

Mengenai pertanyaan Anda, setelah mendapatkan suntik KB, membutuhkan waktu kurang lebih 7 hari atau satu minggu untuk obat hormonal dalam KB suntik bekerja. Untuk itu Anda dapat menunda berhubungan selama jangka waktu tersebut, atau menggunakan kontrasepsi tambahan berupa kondom jika hendak berhubungan dalam jangka waktu dibawah satu minggu dari penyuntikan.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bagi pasangan yang enggan memakai kontrasepsi, cara KB alami bisa dijadikan pilihan

Tips Sukses Mencegah Kehamilan Dengan Cara KB Alami

Cara KB alami adalah salah satu upaya untuk mengendalikan kemungkinan kehamilan tanpa melibatkan alat kontrasepsi. Untuk mencegah kehamilan dengan cara KB alami, yang harus dicermati adalah masa subur wanita.