15 Mar 2021, 17:20Perut

KB 1 bulan apakah menyebabkan flek?

AA
Info Penanya: AA0
Dok saya kan abis di kurett teruss disuruh KB nah saya KB yg satu bulan awal KB baik baik ah pas dua Minggu setelah kb keluar darah hampir mau 1 bulan ini dok itu knpah ya dok
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Keluarnya flek darah setelah melakukan tindakan kuret maupun menggunakan KB suntik 1 bulan, tidak hanya dapat disebabkan oleh penggunaan KB saja melainkan bisa juga merupakan efek samping dari tindakan kuret.

Efek samping kuret

Kuret memiliki efek samping terjadinya perdarahan yang disebabkan oleh adanya
  • luka pada rahim,
  • tumbuhnya jaringan parut pada rahim, maupun
  • adanya infeksi.
Sedangkan jika disebabkan oleh efek samping dari KB suntik, beberapa gejala yang dapat terjadi adalah 
  • nyeri saat haid,
  • haid tidak teratur,
  • muncul flek diluar siklus mens,
  • peningkatan napsu makan,
  • muncul jerawat, dan
  • penurunan gairan seksual
Jika perdarahan sudah terjadi selama 1 bulan dan flek tidak semakin berkurang seiring berjalannya waktu, sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter kandungan agar diberikan obat untuk menghentikan perdarahannya. Flek yang semakin lama semakin deras juga merupakan pertanda yang buruk dan memerlukan pengobatan yang secepatnya. Namun obat pembeku darah atau penghenti perdarahan merupakan obat keras sehingga untuk mendapatkannya Anda memerlukan pemeriksaan dan juga resep dari dokter.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
penggunaan kbkuretaseflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil