14 Mar 2021, 08:52Kandungan

Kb 1 bulan menyebabkan pusing?

FS
Info Penanya: FS, Wanita, 22 Tahun
Pagi dok mau tanya saya kb 1bulan tapi kenapa yaa ko saya selalu merasa pusing setiap hari selama bebeerapa bulan setelah saya kb 1bulan itu kenapa ya??
104 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo F,KB suntik 1 bulan, merupakan salah satu KB hormonal yang banyak diminati di Indonesia karena penggunaannya yang praktis dan efektifitasnya yang tinggi. Pada KB ini, terdapat sejumlah hormon dengan kadar yang relatif tinggi, yang berfungsi untuk menghambat hormon lain dalam tubuh sehingga Anda tidak mengalami kehamilan. Namun, KB yang mnegandung hormon memang memiliki beberapa efek samping antara lain timbul keluhan mual, muncul flek diluar siklus menstruasi, adanya keluhan pusing, napsu makan meningkat, hingga gangguan mood dan gangguan mens.Tidak semua orang akan merasakan efek samping ini, sehingga jika Anda merasakannya dan Anda terganggu oleh efek samping tersebut, sangat disarankan untuk mengganti pilihan KB Anda menjadi KB yang memiliki hormon lebih kecil misalya KB pil, atau menggunakan KB tanpa hormon seperti menggunakan kondom atau menggunakan IUD non hormon. Adanya keluhan efek samping ini, dapat menjadi indikasi bahwa Anda tidak cocok dengan pilihan KB yang sedang Anda lakukan, untuk itu pada jadwal penyuntikan berikutnya, lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum melanjutkan menggunakan KB yang saat ini.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
penggunaan kbpusingkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil