26 Feb 2021, 07:45Kandungan

Apa efek samping suntik KB lebih awal?

AA
Info Penanya: AA0
Selamat pagi dok... Saya ibu rumah tangga umur 26 thn. Sebelom nya saya suntik kb 1 bulan. Tp sebelom masa 1 bulan suntik belom slsai kurang lebih 1 mingguan saya memilih suntik ulang k bidan. Di karenakan suami saya plg dr luar kota... Apa kah itu ada efek sampingnya dok.
504 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang AAKb suntik ada yang memiliki masa 1 bulan dan ada 3 bulan. Pada Kb suntik 1 bulan terkandung di dalamnya kombinasi hormon estrogen dan hormon progesteron sintetik (mirip hormon progesteron). Hormon ini bekerja mencegah kehamilan dengan menghambat pembentukan sel telur oleh indung telur serta memperbanyak produksi lendir leher rahim agar sel sperma sulit untuk masuk.

Dampak Suntik KB Lebih Awal 

Agar Kb suntik 1 bulan ini dapat efektif mencegah kehamilan maka harus melakukan penyuntikkan secara rutin setiap 28 hari. Kb suntik akan bekerja efektif dalam tubuh 1 minggu setelah disuntikkan. Bila anda melakukan penyuntikkan 1 minggu lebih awal dari jadwal tidak menjadi persoalan yang menimbulkan dampak.

Efek-Efek KB Suntik 1 Bulan

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan adanya efek samping bila mempercepat penyuntikkan Kb dari jadwal seharusnya. Efek-efek yang akan dirasakan adalah efek-efek yang biasa terjadi dalam penggunaan Kb suntik 1bulan. Efek-efek tersebut adalah:
  • Gangguan menstruasi
  • Berat badan naik
  • Moos swing
  • Jerawatan
  • Kepala pusing atau sakit kepala
  • Berjerawat
  • Flek hitam di wajah
  • Rambut rontok
Anda bisa berkonsultasi mengenai hal ini lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan. Anda bisa menggunakan kondom saat berhubungan seksual selain apabila terlambat penyuntikkan atau masa Kb suntik telah berakhir.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil