KB 1 bulan tapi belum haid apa boleh?

DA Info Penanya: DA
sore dok, saya pemakai kb suntik 1 bulan sudah hampir 2 tahun biasa mens lancar bulan lalu saya suntik tgl 8 agustus bulan ini saya blm mens tp sudah jadwal suntik akhirnya saya suntik sesuai jadwal di tgl 6september, biasa suntik selagi haid bulan ini tidak.. mens saya yg terakhir tgl 31 juli, setelah suntik saya iseng tespek besok paginya lalu hasil negatif setelah itu saya flek kecoklatan sehari saja.. wajarkah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DA,

KB suntik adalah salah satu kontrasepsi yang praktis sehingga banyak digunakan untuk mencegah kehamilan selain penggunaan pil KB. Sama seperti metode KB yang lain, KB suntik ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa kekurangan atau efek samping KB adalah:

  • Perubahan siklus haid, baik haid berupa flek, perdarahan semakin banyak, siklusnya berubah, atau tidak haid samasekali. Dan darah yang keluarpun bisa beragam warnanya, mulai pink, darah segar biasa, atau kecokelatan.
  • Muka menjadi berjerawat karena produksi minyak meningkat.
  • Berat badan bertambah.
  • Perubahan napsu seksual.

Untuk penggunaan KB suntik tidak perlu menunggu Anda haid dulu, namun suntik KB perlu dilakukan mengikuti jadwalnya terlepas Anda haid atau tidak, sehingga yang Anda lakukan sudah benar dan yang Anda alami bisa saja hal yang wajar.

Jalankan pola hidup sehat dengan cara:

  • Rutin olahraga. Anda bisa melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari atau 3-4 kali dalam seminggu agar badan lebih bugar.
  • Makan makanan yang bervariasi dari segi sayuran dan lauk pauk.
  • Cukup tidur dan jangan bergadang.
  • Tidak stres.

Bila Anda kurang yakin, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.