KB 1 bulan sebelumnya haid tetapi bulan ini tidak haid

AR Info Penanya: AR
Dok.saya kb 1 bulan.tgl 1 juli kemarin waktu ny kb.trus bulan ini sy gk haed..tgl 30 juli ini waktu ny sy kembali suntik kb.biasa 2/ 3 hari sebelum waktu ny kb.sy haed..tp bulan ini gk...trim's
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR.

KB suntik ialah alat kontrasepsi hormonan dengan prosedur pemberian melalui penyuntikan. Periode penyuntikannya ada dua, yakni 1 bulan dan 3 bulan. Tingkat keberhasilannya mencapai lebih dari 99 persen. Namun pada dasarnya tidak ada metode kontrasepsi yang sempurna. Setiap alat kontrasepsi memiliki kekurangannya masing-masing.

Adapun kekurangan dari KB suntik yang meliputi :

  • gangguan siklus haid, dapat lebih banyak atau bahkan berhenti sama sekali
  • kenaikan bobot tubuh tidak terkendali
  • munculnya berbagai gejala berupa nyeri kepala, nyeri payudara, perut kembung hingga gangguan mood
  • kepadatan tulang terganggu saat menggunakan KB 
  • tidak melindungi diri dari infeksi menular seksual
  • setelah suntik dihentikan mungkin membutuhkan waktu hingga hitungan tahun untuk kembali subur 

Mengenai keadaan tidak haid pada Anda mungkin terjadi sebagai salah satu efek samping yang paling umum dari penggunaan KB suntik. Kendati dapat berbeda-beda pada setiap wanita namun, keadaan hormon yang tidak seimbang merupakan salah satu dampak dari upaya KB hormonal dalam menekan peluang kehamilan. Untuk sementara Anda dapat menyiasatinya dengan berolah raga ringan dan menjaga pola makan sehat. Namun jika Anda khawatir Anda dapat mekukan test pack terlebih dahulu sebelum nanti menlanjutkan kembali suntik KB. Jika keadaan ini berulang Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter Kandungan guna menetukan  jenis KB yang terbaik untuk Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergeseran posisi merupakan salah satu efek samping IUD yang mungkin terjadi

Efek Samping IUD, Pertimbangkan Sebelum Memilihnya

Sama seperti alat kontrasepsi lain, IUD atau KB spiral dapat menyebabkan sejumlah efek samping pada penggunanya. Salah satunya adalah posisi IUD bisa bergeser dari tempatnya semula. Kira-kira apa penyebabnya?