07 May 2020, 04:51Kandungan

KB suntik 1 bulan, apakah bisa hamil?

SK
Info Penanya: SK, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi. dok saya mau tanya, awal menikah saya suntik KB 1 bulan tapi cuma sebulan doang. Dan sudah mau hampir 2 bulan saya berhenti KB tanpa memberitahu bidan. Saya biasa haid tgl 3 tapi sampai saat ini saya tidak haidhaid, apakah saya bisa hamil? Apakah bisa membahayakan rahim untuk saya yang berumur 21tahun ?
18680 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SK,KB suntik 1 bulan adalah metode kontrasepsi dengan penyuntikan hormon untuk mencegah kehamilan. Selain KB suntik 1 bulan, KB suntik juga bisa diberikan 3 bulan sekali. Beberapa metode kontrasepsi lain diantaranya:
  • Pil KB
  • KB implan
  • IUD atau KB spiral
  • Kondom
Apabila sebelumnya menggunakan KB suntik lalu berhenti dan melakukan hubungan seksual secara aktif maka bisa terjadi kehamilan. Jadi apabila saat ini belum juga haid bisa coba dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack.Selain karena kehamilan, terlambat haid juga bisa karena efek lepas KB. Dimana tubuh masih beradaptasi dengan perubahan hormonal yang terjadi. Hal ini tidak membahayakan rahim. Apabila belum pernah hamil dan berencana akan hamil dalam waktu dekat baiknya bisa hindari kontrasepsi hormonal dan bisa beralih pada kondom misalnya. Agar tidak banyak efek samping yang timbul dimana salah satunya bisa membuat siklus mentruasi tidak teratur.Jika nantinya sampai 90 hari tidak juga timbul menstruasi dan hasil testpack negatif, ada baiknya periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil