Kb 1 bulan apakah bisa haid?

VA Info Penanya: VA, Wanita, 29 Tahun
Selamat malam dok,saya mau tanya,dulu setelah lahiran saya suntik Kb yg 3bln sekali,dan selama 10th saya tidak pernah haid sama sekali.Dan pas waktu itu saya terlambat suntik,dan akhirnya saya di suruh bidan untuk lepas Kb dulu sampai mengalami haid.Dan akhirnya selang 1bulan saya lanhgsung haid,dan akhirnya sqya memutuskan untuk suntik lagi yg 1bln.Apakah suntik 1bln bisa haid lagi Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, VA

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

KB merupakan suatu gerakan dari pemerintah untuk membatasi jumlah kelahiran. Untuk itu diperlukan alat kontrasepsi seperti diantaranya adalah kondom, pil KB, suntik KB, IUD, KB implan dan lain sebagainya.

Suntik KB sendiri terdiri dari 2 jenis, suntik KB 3 bulan (hormon progesteron) dan sunik KB 1 bulan (hormon esterogen dan progesteron). Bila dilakukan sesuai jadwal dan teratur atau tidak pernah terlambat, keefektivitasan dari suntik KB ini mencapai 99% dan kemungkinan terjadinya kehamilan hanya 1%. Namun bila tidak dilakukan rutin, maka peluang terjadinya kehamilan semakin besar.

Banyak sekali manfaat suntik KB, seperti bisa bertahan 8 - 13 minggu (tergantung jenisnya), tidak perlu menggunakan kontrasepsi lain, tidak perlu mengonsumsi pil setiap hari, dan lain sebagainya. Namun, juga terdapat beberapa kekurangan. 

Adapun kekurangan dari suntik KB adalah:

  • Siklus haid menjadi tidak teratur
  • Terjadinya reaksi alergi pada sebagian orang
  • Nyeri dan bengkak pada area suntikan
  • Berat badan bertambah
  • Nyeri kepala, nyeri pada payudara
  • Munculnya jerawat

Terkait dengan pertanyaan Anda, Baik suntik KB 1 bulan maupun suntik KB 3 bulan sama-sama merupakan jenis KB hormonal. Sehingga memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi siklus haid. 

Konsultasikan kembali dengan dokter spesialis kandungan terdekat untuk mendapatkan kontrasepsi yang sesuai dengan tujuan anda, serta sesuai terhadap kondisi Anda dan pasangan Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.