Telat suntik KB, apa bisa hamil?

NO Info Penanya: NO, Wanita, 1 Tahun
Dok saya kb 1 bln tapi pas bln april saya telat sunti 1 hari harus nya saya suntik di tgl 11 april ini saya suntik di tgl 12 april bln lalu saya hait tgl 5 ini uda tgl 24 blm hait pas tgl 11 mlm swblm sunti saya berhubungan apa kemungkunan hamil ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NO.

Kontrasepsi adalah metode yang dilakukan pasangan suami-istri untuk menunda kehamilan. Ada dua jenis kontrasepsi yang dikenal sekarang ini, yaitu kontrasepsi alami dan kontrasepsi buatan. Kontrasepsi alami misalnya sanggama terputus, metode kalender, dan lain-lain; sedangkan kontrasepsi buatan dibagi menjadi hormonal dan non-hormonal. Suntik adalah salah satu kontrasepsi hormonal.

Terkait hal yang Anda ceritakan, yaitu belum mengalami haid setelah terlambat suntik bisa saja disebabkan oleh kehamilan. Tetapi, selain kehamilan, hal ini juga bisa disebabkan oleh penyebab lainnya. Misalnya, perubahan hormon yang terjadi karena penggunaan kontrasepsi, gangguan rahim seperti PCOS, stres, pola makan yang tidak teratur, dan lain-lain.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan testpack terlebih dahulu. Jika dua garis, berarti Anda hamil. Tetapi, jika hanya satu garis, berarti Anda tidak hamil dan terlambat haid disebabkan oleh hal lainnya. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.