Kategori gizi buruk untuk balita dan berat badan ideal bayi

S Info Penanya: S, Wanita, 25 Tahun
Dear Dokter,Anak saya laki-laki umur 16 bulan tapi berat badannya sulit naik, saat ini hanya 8,4 Kg. Apa ini dikategorikan sebagai gizi buruk? Berapa berat badan ideal bayi sebenarnya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu S,

Kisaran berat badan bayi laki-laki usia 16 bulan adalah antara 8,4 Kg (batas bawah) sampai 13,1 Kg (batas atas).

Jadi saat ini anak Ibu belum dikategorikan sebagai gizi buruk, namun pada berat badan yang paling bawah dari angka normal berat badan anak usia 16 bulan.

Untuk menaikan berat badan pada anak, perhatikan pola makan yang diterapkan untuk anak. Anak umur 1 tahun ke atas pada umumnya sudah dapat mulai menyesuaikan diri dengan makanan padat, dan pola makan mereka sudah mulai mirip dengan anak yang lebih besar dan orang dewasa lain. Kemampuan mengunyah sudah sempurna sehinggan kemampuan makan secara mandiri telah berkembang.
Berikan ASI apabila masih dapat diberikan, untuk pemberian nasi tim atau bubur susu dapat dilakukan pagi, siang, dan sore hari. Untuk makan nasi atau sumber karbohidrat yang lain beserta lauk pauknya dapat dicoba 1 hingga 3 kali sehari untuk menggantikan nasi tim atau bubur susu hingga anak terbiasa.

Sebagai selingan dapat diberikan buah-buahan sebanyak 2 kali sehari pada jeda antara waktu makan. Selingan atau snake dapat juga diberikan kue – kue, agar – agar atau olahan buah lainnya. Pemberian susu formula adalah sampai mencapai kebutuhan anak yaitu sekitar 360 cc perhari. Pemberian susu dapat dibagi dalam 2 sampai 3 kali waktu pemberian.

Selain pola makan, perlu diperhatikan waktu untuk tidur anak sampai usia 2 tahun adalah 10 sampai 14 jam yang dapat dibagi dalam 2 sampai 3 kali  waktu tidur.

Kecepatan metabolisme anak-anak berbeda – beda, ada anak yang setelah makan banyak langsung pup dan masih dalam kondisi normal.

Bila pola makan dan waktu tidur telah disesuaikan, namun kenaikan berat badan belum mencapai berat badan normal, maka sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Anak untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lapisan putih akibat sisa susu bisa hilang dengan cara membersihkan lidah bayi yang benar

Cara Membersihkan Lidah Bayi dari Lapisan Putih Sisa Susu

Membiasakan anak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya sebaiknya dimulai sedini mungkin. Anda bahkan bisa memulainya sejak si kecil masih bayi. Simak cara membersihkan lidah bayi berikut ini agar kesehatan oralnya selalu terjaga.