Katarak pada anak umur 3 tahun

RA Info Penanya: RA
Apakah anak umur 3th boleh operasi mata katarak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Katarak pada anak adalah salah satu gangguan penglihatan yang bisa ditimbulkan karena kelainan bawaan saat lahir dimana lensa tidak terbentuk dengan utuh dan lengkap. Hal ini bisa terjadi karena gangguan pada ibu saat hamil seperti akibat infeksi rubella, cacar air, ataupun anak yang terlahir dengan kondisi sindrom down. Jika tidak terjadi dari lahir, katarak pada anak bisa timbul karena efek samping obat, komplikasi kelainan mata, trauma pada mata ataupun anak menderita diabetes.

Untuk penanganan katarak sendiri dilakukan oleh dokter spesialis mata tergantung dari berat ringannya katarak yang timbul. Jika berpengaruh pada penghilatan maka operasi dapat dilakukan. Nantinya akan dilakukan pemasangan lensa buatan untuk menukar lensa rusak yang telah diambil. Upaya lainnya dapat juga menggunakan kacamata untuk memperbaiki pandangan pasca operasi.

Operasi sendiri dilakukan pada berbagai usia bahkan bisa dilakukan sebelum berusia 3 bulan. Untuk itu konsultasikan kondisi mata anak Anda pada dokter anak dan dokter mata yang menanganinya agar diberikan informasi mengenai langkah penanganan yang akan diambil selanjutnya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri khas katarak sama di berbagai usia, yakni titik putih atau abu pada bagian pupil mata. Namun, terdapat perbedaan penyebab katarak pada lansia dan anak-anak

Katarak Tidak Mengenal Usia, Kenali Penyebab Katarak

Katarak tidak hanya bisa menimpa lansia, tetapi juga anak-anak! Salah satunya adalah anak dari artis Asri Welas. Meskipun gejala yang ditimbulkan sama, tetapi penyebab katarak pada anak dan kaum lansia berbeda.