24 Aug 2021, 13:03Kandungan

Kartu kis apakah bisa digunakan beda daerah?

II
Info Penanya: II0
Dok mau tanya,dulu saya berasap dari kalimantan timur,dan saya tinggal disana dan saya mendapatkan kartu kis dari sana tapi sekarang saya tinggal dijawa timur dan sudah menjadi penduduk jawa timur,sekarang saya mengandung,jika saya melahirkan dirumah sakit jawa timur ini apa kah saya bisa menggunakan kartu kis itu?
164 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo I,Menggunakan kartu KIS atau BPJS dapat dilakukan selama tagihan terbayar lancar. Jika terkendala dengan kondisi pindah kota, jika Anda berada di jawa timur selama lebih dari 3bulan sebaiknya pindahkan lokasi faskes kartu Anda melalui aplikasi JKN mobile ke klinik atau puskesmas terdekat dari tempat tinggal Anda agar memudahkan menjangkau pelayanan kesehatan.

Pindah BPJS ke kota lain

Pindah alamat atau pindah faskes BPJS dapat dilakukan 3bulan sekali sehingga jika 3bulan setelah ANda memindahkan faskes ke jawa timur lalu ANda kembali lagi ke daerah asal, maka faskes BPJS juga dapat Anda pindahkan.Lakukan perubahan data ini setidaknya 2minggu sebelum ANda ingin menggunakan kartu Anda dengan memperhitungkan proses pergantian data Anda yang mungkin tidak dilakukan buru-buru. Jika dalam keadaan terdesak, Anda boleh juga melakukan pemeriksaan di puskesmas dengan membayar biaya pendaftaran sebesar 10ribu untuk dapat melakukan pemeriksaan kehamilan sambil menunggu kartu Anda diproses pindah.Pindah fasilitas kesehatan ke kota lain harus dilakukan saat kartu aktif, jika ada denda bayarlah denda terlebih dahulu ke kantor BPJS atau melalui aplikasi BPJS online. Anda juga dapat melakukan konsultasi online dokter spesialis kandungan jika saat ini belum dapat mengunjungi pusat kesehatan terdekat.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
bpjs kesehatanbpjs ibu hamilpeserta bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil