23 Dec 2020, 01:36Penyakit Lainnya

Cara membuat kartu KIS

NH
Info Penanya: NH0
Malam dok, maaf saya mau tanya, saya sebagai istri sudah mempunyai kartu KIS, sedangkan suami dan kedua anak saya tidak mempunyai kartu KIS, apakah bisa suami dan kedua anak saya mempunyai kartu KIS seperti saya. Mohon infonya dok??
5009 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, NH.KIS atau Kartu Indonesia Sehat adalah identitas keanggotaan bagi peserta program jaminan kesehatan nasional. Dengan KIS, seseorang dapat mendapatkan pengobatan secara gratis, selama tidak ada tunggakan iuran serta sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.Beberapa hal yang ditanggung oleh KIS adalah:
  • konsultasi pada fasilitas tingkat kesehatan pertama
  • konsultasi pada fasilitas kesehatan lanjutan, dengan rujukan
  • persalinan, baik secara normal atau operasi caesar
  • tindakan bedah lain yang sesuai dengan indikasi
Terkait pertanyaan Anda, apabila Anda sudah memiliki KIS sedangkan suami dan anak belum, maka Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan KIS. Siapkan Kartu Keluarga (KK), KTP suami, dan KIA (Kartu Identitas Anak). Apabila Anda ingin mendaftar sebagai PBI (Penerima Bantuan Iuran), maka disarankan agar Anda membuat surat keterangan tidak mampu dari kelurahan tempat Anda tinggal. Kemudian, Anda dapat membawa surat tersebut ke puskesmas terdekat, dan bawa surat-surat tersebut ke kantor BPJS.Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi hotline BPJS di nomor 1-500-400. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
bpjs kesehataniuran bpjspeserta bpjs
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil