Kartu KIS apakah bisa digunakan untuk orang berbeda?

IK Info Penanya: IK
Selamat malam Dok, mau tanya, saya suami udah punya kartu KIS, apakah istri saya yg belum punya kartu KIS bisa memakai fasilitas KIS?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IK,

KIS atau Kartu Indonesia Sehat adalah merupakan asuransi sosial sehingga pemegang kartu tersebut bisa mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang ada.

KIS sendiri hanya bisa digunakan oleh pemilik kartu tersebut dan sifatnya perorangan. Jadi yang bisa menggunakan hanyak pemilik yang namanya tercantum. Jika istrinya belum memiliki maka tidak bisa menggunakan fasilitas KIS tersebut.

Segera laporkan pada petugas terkait baik petugas kependudukan dan melaporkan ke BPJS untuk bisa memperbarui data keluarga Anda dan apakah bisa mendapatkan KIS tersebut agar bisa menggunakannya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Penggunaan KIS juga harus mengikuti prosedur berobat yang berlaku, jadi untuk pengobatan awal bisa menuju tempat fasilitas terdaftar seperti misalnya pada klinik ataupun puskesmas. Kecuali dalam kasus-kasus gawat darurat dimana memerlukan penanganan dan pertolongan segera maka bisa ke rumah sakit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nama alat kesehatan yang dijamin BPJS melalui JKN salah satunya adalah alat bantu dengar

Kenali 7 Nama Alat Kesehatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Nama alat kesehatan yang dijamin BPJS melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini meliputi tujuh alat, mulai dari kacamata hingga alat bantu gerak.