Karena alergi obat atau alergi dingin?

PS Info Penanya: PS, Wanita, 18 Tahun
Dok kemarin waktu saya kerja saya kan sakit saya minta obat ke poliklinik obat Perut mual dan kembung setelah dikasih obat saya minum.saya kan kerja malam mulai jam 19:00-06:00 pulang sampai kost kok tbtb seluruh tubuh saya gatal2 semua bentol2 merah besoknya saya ke poli bilang katanya alergi dingin tapi kok kalo alergi dingin tidak dari dulu2 pdhl kan rumah saya asli aja dingin sekali suhunya.itu karna alergi obat/alergi dingin ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PS,

Reaksi alergi bisa muncul akibat paparan alergen berupa makanan, obat, cuaca dingin, bulu binatang, serbuk bunga, dll. Reaksi alergi ini dapat berlangsung cepat atau muncul belakangan. Reaksi alergi sering ditandai dengan gejala bentol-bentol atau ruam kemerahan yang gatal, muka bengkak, sesak napas, muncul bunyi ngik-ngik pada pernapasan. Berat ringannya gejala tergantung dari berat ringannya reaksi alergi yang ditimbulkan.

Karena reaksi alergi dapat muncul belakangan beberapa jam atau hari setelah paparan alergen, maka masih ada kemungkinan Anda alergi terhadap salah satu obat yang diberikan. Sebaiknya Anda mencatat obat apa saja yang diberikan dan sebaiknya kedepannya tidak diminum lain obat-obat tersebut.

Pada kondisi tubuh yang sedang turun, terkadang bisa muncul alergi secara mendadak, misal yang awalnya tidak alergi telur, mendadak menjadi alergi telur dan muncul bentol-bentol ketika makan telur, namun beberapa waktu kemudian akan sembuh dengan sendirinya dan menjadi tidak alergi telur lagi.

Bila sewaktu-waktu muncul reaksi alergi, maka minum obat golongan antihistamin untuk meredakannya, serta mengoleskan calamine lotion di bagian yang gatal, dan sambil melakukan pengamatan apa yang kira-kira menyebabkan alergi tersebut muncul. Bila muncul keluhan muka bengkak, sesak napas, maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tetapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

7 Penyakit yang Bisa Membuat Hidung Tersumbat, Walau Tidak Pilek

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau flu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. 7 penyakit ini sebabkan tersumbatnya hidung, namun tidak pilek.