Karang gigi sudah di akar gigi apa masih bisa di scaling?

JA Info Penanya: JA, Pria
dok kalau karang gigi sudah di akar gigi apa masih bisa di scaling? dan tdk bahaya?:(
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JA,

Karang gigi dapat timbul karena penumpukan plak ataupun mineral pada rongga gigi jika tidak dibersihkan dengan baik. Karang gigi juga dapat menumpuk dan mengeras sehingga bisa menimbulkan sejumlah keluhan. Karang gigi sendiri tidak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi untuk itu perlu dilakukan scaling.

Jika karang gigi ada di akar gigi jika di posisi luar tentu bisa dilakukan scaling, hanya saja jika terlalu tebal prosesnya akan sedikit menyulitkan dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ataupun perdarahan ringan. Jika berada di gigi yang berlubang hingga akar, maka dokter gigi bisa melakukan perawatan saluran akar sambil membersihkan karang gigi yang ada. Atau jika sudah tidak memungkinkan untuk dipertahankan, pencabutan gigi bisa menjadi pilihan.

Untuk itu konsultasikan kondisi gigi Anda tersebut pada dokter gigi untuk penanganan yang tepat. Upayakan menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari, dapat dilanjutkan dengan berkumur menggunakan cairan antiseptik atau obat kumur, atau juga menggunakan benang gigi, tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan manis, minuman kemasan, hindari kebiasaan merokok dan juga rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara mengatasi gigi ngilu, salah satunga mnggunakan pelindung gigi saat tidur

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Akibat Gigi Sensitif yang Tepat

Gigi ngilu akibat gigi sensitif tentu dapat mengganggu. Ada beragam cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda coba mulai dari menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitf hingga melindungi gigi dengan pelindung gigi saat tidur.