Apakah karang gigi yang lepas sendiri berbahaya?

EN Info Penanya: EN, Wanita, 33 Tahun
Selamat siang dok. Pertanyaan saya, apakah jika karang gigi terlepas sendiri (karena obat kumur) bisa membahayakan gigi ? terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EN.

Ketika seseorang makan, sisa makanan akan tertinggal di sela-sela gigi. Sisa makanan tersebut akan bercampur dengan bakteri dan asam di mulut sehingga membentuk plak. Nah, plak yang tidak dibersihkan lama-kelamaan akan menjadi karang gigi. Karang gigi pada awalnya tidak membahayakan, tapi jika didiamkan bisa memicu penyakit gigi dan mulut, di antaranya radang gusi (gingivitis), gigi goyang atau rapuh, dan bau mulut. 

Sebetulnya, karena konsistensinya yang sangat keras dan terdapat di bagian mulut yang sulit dijangkau, karang gigi akan sulit lepas dengan sendirinya. Tetapi, beberapa metode dipercaya mampu membantu membersihkan karang gigi. Misalnya oil pulling dengan minyak kelapa, berkumur dengan larutan mouthwash, atau menyikat gigi dengan baking soda.

Terkait kondisi Anda, apabila saat berkumur dengan mouthwash karang gigi terlepas, berarti tidak masalah, ya. Tetapi pastikan bahwa yang terlepas benar-benar karang gigi, bukan potongan gigi yang patah. Perlu diketahui, karang gigi yang terlepas menandakan bahwa karang gigi di mulut sudah sangat menumpuk, ya. Sebaiknya lakukan scaling di dokter gigi ketika kondisi wabah sudah mereda dan sudah aman untuk ke luar rumah.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi dengan cara yang benar, dan membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sariawan menimbulkan rasa nyeri terutama bila luka bergesakan dengan gigi atau lidah

Nyeri Sariawan? Coba Obat Sariawan Alami Berikut Ini

Sariawan tak melulu harus diobati dengan obat kimia. Coba aplikasikan 5 obat sariawan alami ini.