03 Sep 2020, 04:21Gigi & Mulut

Karang gigi lepas sendiri apa berbahaya?

NW
Info Penanya: NW, Pria, 21 Tahun
Dok, saya gk make alatkumur atau apa, cuma sikat gigi biasa (satu sampai dua kali sehari), tapi tiba tiba karang giginya lepas sendiri, apakah berbahaya dok?
1697 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang NW,Karang gigi adalah salah satu permasalahan pada rongga mulut yang wajar saja timbul selain gigi berlubang. Karang gigi ini timbul sebagai akibat lapisan plak yang mengeras. Dan plak ini dibentuk setiap hari, sehingga bila tidak rutin menggosok gigi maka lapisan plak akan semakin tebal dan lambat laun akan mengeras membentuk karang gigi.Pada umumnya cara membersihkan karang gigi ini adalah dengan melakukan tindakan di dokter gigi, namun karang gigi yang letaknya pada sisi samping geraham biasanya juga bisa lepas dengan sendirinya. Bila karang gigi ini lepas sendiri, maka Anda tidak perlu cemas, selama tidak ada bagian tajam yang tersisa maka tidak perlu dilakukan tindakan apa-apa lagi.Namun sebaiknya bersihkan karang gigi Anda ke dokter gigi agar bisa dibersihkan dengan tuntas. Karena karang gigi yang menumpuk akan menyebabkan peradangan pada gusi dan bisa menyebabkan keluhan gigi goyang serta bau mulut.

Selain rutin menggosok gigi, jaga kebersihan mulut dengan cara:

  • Bersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss.
  • Hindari makanan yang manis dan lengket.
  • Selalu rutin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas.
Lakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar gigi Anda terawat dengan baik.Salam sehat,dr. Vina
gigi berlubanggigi goyangkarang gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil