26 Jul 2021, 09:43Gigi & Mulut

Karang gigi dicopot dengan kuku apa bahaya?

RP
Info Penanya: RP0
Halo dok, sebelum nya beberapa tahun yg lalu karang gigi saya pernah copot sndiri saat saya sikat gigi, awalnya saya kira itu gigi saya yg copot ternyata bukan, lalu 2 hari yg lalu, sy sedang membersihkan sela gigi dengan tusuk gigi, tba tba karang gigi saya copot juga, karena saya penasaran saya cba pakai kuku jari saya untuk mencopot beberapa krng gigi saya, kebanyakan vopot semua walau memang masi ada sisanya, tapi apakah itu aman dok hanya dengan pake jari kuku saya ?
354 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo R,Karang gigi adalah timbunan plak yang mengeras pada sela-sela gigi dan terjadi karena jarang menggosok gigi. Plak ini akan semakin mengeras dan untuk membersihkannya diperlukan tindakan oleh dokter gigi. Karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan sekedar menggosok gigi atau menggunakan kuku. Jika masih bisa bersih dengan kuku artinya keluhan belum berupa karang gigi namun masih berupa tumpukan plak yang belum mengeras. Cegah karang gigi dengan lebih sering menggosok gigi.

Mengatasi karang gigi

Pada kasus yang sangat jarang, memang karang gigi ini bisa rontok dengan hanya dicungkil kuku, namun melakukan hal ini dapat melukai gusi maupun menyebabkan perdarahan gusi. Lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi yaitu scalling, karang gigi tidak dapat benar-benar bersih jika hanya dikorek dengan kuku.Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
kesehatan gigikesehatan mulutkarang gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil