Mengapa pendengaran berkurang setelah kapas tertinggal?

SS Info Penanya: SS
Dok saya juga mngalami demikianPas saya korek telingga kapas nya ketinggalan,trus saya coba berusaha untuk mengeluarkannya sama juga tidak bisaSepertinya makin masuk dalamSolusinya gimana dok?Jika pergi ke dokter THT Biayanya besar apa tidak dok?Saya tidak merasa nyaman dengan telingga saya karna kurang tajam mndengarKasih solusinya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, SS.

 

Telinga gatal sering kali memicu kita untuk mengorek telinga bahkan keseringan mengorek telinga dapat menyebabkan masalah dari mulai kapas yang dapat tertinggal hingga terjadinya infeksi pada liang telinga. Hal ini tentunya akan membuat tidak nyaman. Belum lagi jika ada gejala lain seperti nyeri, gatal, kurangnya fungsi pendengaran, dan keluar cairan dari telinga.

Terkait dengan kondisi yang Anda alami pendengaran berkurang dapat karena adanya peradangan pada liang telinga yang disebabkan oleh kapas yang tertinggal tersebut. Salah satu cara mengeluarkan kapas tersebut adalah dengan irigasi atau mengalirkan cairan steril kedalam telinga yang biasanya dilakukan oleh dokter spesialis THT. Maka saran saya Anda tetap konsultasikan langsung ke dokter ya.

Untuk menghindari kejadian yang berulang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Untuk saat ini jangan mencoba mengeluarkan benda asing (cotton buds) sendiri.
  2. Menghindari sering mengorek telinga dengan cotton bud terlalu dalam.
  3. Hindari jangan sampai telinga kemasukan air. 
  4. Dan untuk ke depannya, jika ada gangguan pada kesehatan, harap segera diperiksakan dan jangan dibiarkan, ya. 

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pastikan Anda selalu mengatasi telinga berdarah di rumah sakit.

Jangan Anggap Sepele, Telinga Berdarah Bisa Disebabkan 6 Penyebab Serius Ini

Telinga berdarah tidak melulu muncul akibat luka yang ada pada kulit telinga. Bisa jadi, penyakit serius sedang “menghantui” bagian dalam telinga, sehingga darah pun keluar dari sana. Cari tahu penyebabnya, untuk memudahkan Anda menentukan langkah medis selanjutnya.