24 Nov 2020, 09:30Penyakit Lainnya

Kapan waktu yang tepat untuk menimbang berat badan?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, kenapa ya.. kok setelah saya bangun tidur dan setelah saya sarapan, timbangan BB saya bisa berbeda? Padahal saya cuma minum air putih dan makan roti satu lembar aja. Kapan sih waktu yang tepat untuk menimbang berat badan?
280 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Berat badan adalah sebuah angka yang menunjukkan bobot tubuh yang terdiri dari air, jaringan lemak, otot, dan komponen-komponen lainnya. Angka ini bersifat fluktuatif dan dapat berubah dalam waktu yang singkat. Pasalnya, ketika seseorang menimbang sebelum dan sesudah mengonsumsi makanan, maka komponen yang ada di dalam tubuhnya tentu saja berbeda. Setelah makan, massa air akan menambahkan bobot tubuh; begitu juga dengan massa makanan yang belum sempat dicerna.Jadi, apa yang Anda alami adalah sesuatu yang sangat wajar. Nantinya, setelah Anda buang air kecil atau besar, berat badan juga akan kembali turun. Tetapi perlu diperhatikan bahwa fluktuasi berat badan biasanya tidak terlalu besar, kurang lebih hanya satu kilogram. Apabila berat badan Anda berbeda hingga 2-3 kilogram dalam waktu yang singkat, maka kemungkinan cara penimbangannya salah atau alat yang digunakan rusak.Oleh karena itu, apabila Anda ingin memantau berat badan, sebaiknya ukurlah berat badan Anda di waktu yang sama setiap harinya. Misalnya, pada saat baru bangun tidur sebelum mengonsumsi apapun, atau saat akan tidur ketika tidak akan makan apa-apa lagi. Usahakan juga menggunakan pakaian yang sama setiap harinya, karena bobot pakaian juga berpengaruh walau hanya beberapa ratus gram.

Tips Berat Badan Ideal

Tentunya, menimbang berat badan yang dilakukan bukanlah tanpa tujuan. Hal ini penting dilakukan agar berat badan senantiasa ideal, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis ke depannya. Untuk itu, lakukan beberapa hal berikut agar berat badan ideal:
  • mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian Anda
  • mengurangi makanan tinggi kalori dan rendah nutrisi, misalnya keripik kentang atau gorengan
  • minum air putih yang cukup
  • lakukan aktivitas setiap hari, misalnya jalan kaki sepuluh ribu langkah
  • tidur 7-9 jam per hari, karena pengaturan produksi hormon kenyang dan lapar adalah pada saat tidur
Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan ke dokter gizi ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
berat badan idealmenurunkan berat badankelebihan berat badan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil