Kapan waktu yang tepat untuk mengecek kehamilan setelah haid?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 18 Tahun
Dok,kapan waktu yang tepat untuk mengecek kehamilan setelah haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pemilihan waktu yang tepat untuk mengecek kehamilan setelah Anda terlambat haid minimal 2 minggu. Jadi kurang lebih 6 minggu setelah hari pertama haid terakhir (HPHT). Dengan tujuan sudah melewati fase subur dan bila ada kehamilan kadarnya sudah cukup banyak untuk terdeteksi dalam test pack yang menggunakan air kencing di pagi hari.

Bila Anda memeriksa terlalu terburu-buru hasilnya bisa tidak akurat. Karena kadar hormon beta hcg yang muncul setelah ada kehamilan masih terlalu rendah. Sehingga memerlukan waktu agar kadarnya cukup pekat untuk terdeteksi. Makanya dianjurkan test pack dilakukan saat pertama kali kencing di pagi hari.

Setelah pemeriksaan test pack positif, segera periksakan ke dokter kandungan untuk melihat apakah sudah ada kantung kehamilan. Lebih jelasnya tentang test pack dapat dibaca di artikel mengenai cara penggunaan test pack berikut ini

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembuahan yang terjadi saat ovulasi atau masa subur memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk hamil

Cara Mengetahui Masa Subur untuk Merencanakan Kehamilan

Merencakan kehamilan adalah proses penting bagi Anda yang ingin segera hamil. Salah satu hal terpenting yaitu dengan mengetahui masa subur dan siklus menstruasi Anda, agar pembuahan yang baik dapat terjadi pada saat ovulasi.