Kapan waktu yang tepat untuk makan besar setelah berbuka puasa?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hi dok, saya bingung. Sebaiknya makan besar dilakukan setelah atau sebelum solat tarawih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Berbuka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Terkadang saat waktu berbuka, banyak orang makan terlalu berlebihan sehingga menyebabkan perut terasa begah dan penuh. Untuk itu, dalam berbuka puasa juga harus diperhatikan menunya. 

Ada beberapa jenis makanan buka puasa yang sehat dan lezat, yang dapat Anda buat sendiri di rumah seperti tumis daging sapi dan pakcoy, buncis, gulungan selada daging sapi ala Korea, sup miso, frittata, pasta tuna dan bayam, tumisan brokoli, dan sayur bayam khas jepang. Makanan-makanan ini lebih cocok dikonsumsi setelah tarawih. Karena pada saat berbuka puasa, kondisi lambung sedang kosong, sebaiknya jangan langsung diberikan makanan yang berat dahulu agar lambung tidak 'kaget'.  

Untuk itu, pada saat berbuka, sebaiknya konsumsi makanan yang ringan dulu saja seperti kurma, buah-buahan, sup, teh manis hangat, es buah, dll. Sehingga lambung bisa beradaptasi terlebih dahulu untuk mengelola makanan yang ada.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikan merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyembuhan patah tulang

Makanan yang Mengandung Vitamin D untuk Pemulihan Patah Tulang

Ikan, kuning telur, hingga jamur merupakan makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyembuhan patah tulang dan mengurangi risiko kerusakan tulang.