Kapan waktu yang tepat untuk berhubungan ketika sedang promil?

RM Info Penanya: RM, Wanita, 20 Tahun
Dok sy mau tanya sy lg pngen promil nahh sbnrnya setelahh haid selesai apa boleh lgsg berhubungan atau menunggu wktu masa subur sajaaa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RM,

Kehamilan pada seorang wanita ditentukan oleh keberhasilan pertemuan antara sperma dan sel telur, sehingga sangat penting untuk mengetahui perkiraan masa subur pada seorang wanita, karena sel telur hanya siap dibuahi sekali setiap bulannya. Berbeda dengan laki-laki yang dapat setiap saat mengeluarkan sperma dalam jumlah jutaan. Sehingga untuk meningkatkan keberhasilan suatu proses kehamilan perlu dilakukan hubungan seksual di masa subur, karena akan percuma saja bila melakukan hubungan seksual namun sel telur belum siap untuk dibuahi.

Untuk menghitung masa subur seorang wanita, perlu dilakukan pencatatan siklus menstruasinya. Bila siklus menstruasi teratur sekitar 28 hari, maka masa subur di bulan berikutnya berada di hari ke 10 sampai hari ke 17 dihitung sejak haid hari pertama bulan sebelumnya. Maka sebaiknya melakukan hubungan seksual di rentang hari-hari tersebut (hari ke 10 sampai hari ke 17) untuk memperbesar keberhasilan proses pembuahan.

Selain itu untuk meningkatkan kesuburan, pasangan suami istri bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Jaga berat badan seideal mungkin, hindari kegemukan.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama kacang-kacangan seperti taoge, kacang hijau, kedelai.
  3. Rutin berolahraga.
  4. Hindari stres yang berlebihan.
  5. Untuk wanita yang sedang persiapan hamil sebaiknya dibarengi konsumsi vitamin asam folat untuk melengkapi vitamin yang ada di sayur dan buah.
  6. Hindari alkohol, kafein, asap rokok.

Bila dalam 1 tahun belum terjadi kehamilan, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil bayi kembar meningkatkan risiko Ibu terkena morning sickness hingga diabetes gestasional

11 Hal yang Perlu Anda Ketahui saat Hamil Bayi Kembar

Hamil bayi kembar adalah hal yang membahagiakan, namun berbeda dengan kehamilan tunggal, hamil bayi kembar memiliki beberapa risiko seperti meningkatnya gejala morning sickness, hingga risiko diabetes gestasional.