Kapan waktu yang aman untuk memiliki anak setelah operasi caesar?

DB Info Penanya: DB
Dok saya mau tanya,?Klo melahirkan sesar itu jangka waktu untuk punya anak lg berapa tahun ea
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, D.

Pasca operasi caesar, Anda harus membiarkan tubuh untuk pulih dan mengisi kembali nutrisi yang hilang. Misalnya, Anda mungkin menderita anemia karena kekurangan zat besi saat hamil, serta kehilangan darah saat melahirkan. Wanita yang melahirkan melalui operasi caesar kehilangan dua kali lebih banyak darah dibandingkan wanita yang melahirkan secara normal.

Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang mengandung kurang dari enam bulan setelah melahirkan mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk terjadinya komplikasi saat hamil, seperti rahim yang pecah, bayi prematur, atau berat badan lahir rendah.

Mengambil istirahat atau jeda setidaknya 18 bulan antara kelahiran dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi tersebut. Namun, waktu terbaik untuk hamil lagi dapat berbeda-beda pada setiap wanita. Jadi, bicarakan dengan dokter spesialis kandungan Anda tentang keadaan dan kondisi fisik Anda.

Semoga bermanfaat. Salam Sehat.

dr. Reni Utari

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sindrom baby blues bisa dialami ibu setelah menjalani persalinan.

3 Jenis Depresi Ini Berisiko Dialami Orangtua Setelah Kelahiran Anak

Depresi setelah kelahiran anak umum menyerang ayah ataupun ibu. Terdapat beberapa jenis gangguan mental pasca persalinan dan ciri-ciri yang membedakannya.