Kapan waktu berhubungan seksual yang tepat?

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 23 Tahun
Assalamualaikum dok.. Sy lagi pengen cepet pnya momonganSemisal masa ovulasi sya tgl 26 nov. Sy berhubungannya mulai tanggal brp ya dok.. Trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CDI,

Datangnya momongan memang sangat diharapkan setiap pasangan yang baru saja menikah atau pasangan yang ingin menambah jumlah anak, karena kehadiran anak akan melengkapi kehidupan Anda. Waktu berhubungan seksual memang sangat menentukan kemungkinan terjadinya kehamilan, selain faktor kesuburan alat reproduksi baik pria maupun wanita.

Untuk terjadinya kehamilan diperlukan berhubungan seksual pada masa subur (masa ovulasi) wanita. Karena sperma dapat bertahan hidup 3-5 hari, maka Anda perlu melakukan hubungan seksual 1-2 hari sebelum masa ovulasi Anda dan saat ovulasi, sehingga bila Anda ovulasi di tanggal 26 November maka Anda perlu berhubungan seksual sejak tanggal 24-28 November, untuk antisipasi masa ovulasi Anda yang mundur.

Ciri-ciri wanita yang sedang ovulasi adalah terjadi peningkatan suhu tubuh, keluar cairan bening, encer, tidak berbau dari vagina, payudara lebih sensitif, perut kembung. Selain tentunya dengan mencatat siklus haid Anda.

Diluar ketepatan waktu berhubungan seksual, Anda dan suami perlu menjaga berat badan ideal, perbanyak asupan sayur dan buah, teutama asam folat untuk Anda, olahraga secara teratur 30 menit setiap hari.

Bila sudah aktif berhubungan seksual dalam jangka waktu 1 tahun namun belum mendapat momongan, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

AN*
19 Nov 2019, 13:49
Itu mksdnya tgl 24-28 berhubungan stiap harii. Atao d kasih jeda 2hari sekali tiap mlm aja dokMohon pencerahannya.

Diskusi Terkait di Forum