19 Jun 2020, 12:25Kandungan

Kapan sebaiknya melakukan program hamil paska keguguran?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dok, saya baru mengalami keguguran satu bulan lalu, karena bayi saya mengalami anencephaly. Pertanyaan saya, kapan baiknya saya hamil lagi ya, dok? Bagaimana cara supaya kehamilan kedua saya menjadi lebih sehat?
12671 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, FF.Keguguran, atau dalam bahasa medis dikenal sebagai abortusadalah kondisi keluarnya janin dari liang vagina pada usia kehamilan di bawah 20 minggu. Keguguran tentunya adalah hal yang menyakitkan, terutama bagi pasangan yang sangat mengidam-idamkan momongan. 

Beberapa penyebab seseorang mengalami keguguran adalah:

  • Benturan atau kecelakaan yang mengenai bagian perut
  • Riwayat penyakit yang dimiliki ibu
  • Janin gagal berkembang karena kekurangan nutrisi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu yang tidak aman saat masa kehamilan
Nah, pasca keguguran, sebaiknya Anda menunggu tiga sampai enam bulan, kemudian hamil lagi. Hal ini bertujuan agar rahim dapat lebih siap dalam menerima kehamilan. Pastikan juga selama bulan-bulan tersebut, haid Anda lancar dan teratur, yang berarti sel telur Anda sudah subur dan siap untuk dibuahi.Pada kehamilan kedua nanti, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi, bahkan dari sebelum kehamilan (dari sekarang). Penuhi kecukupan nutrisi karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, bergeraklah aktif tetapi jangan berolahraga berlebihan. Jangan lupa, saat sudah hamil lagi nanti, rutin kontrol ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan sesuai jadwal, ya.Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda. Salam sehat,
dr Sylvia
kehamilantrimester pertama kehamilankeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil