03 Oct 2021, 18:15Kandungan

Kapan sebaiknya hamil lagi setelah keguguran?

AS
Info Penanya: AS0
Selamat malam dokter, bulan lalu saya mengalami kegugurandan sudah di kuert dengan dokter spesialis kandungan. kebetulan hari ini saya haid, seperti biasa tanpa disertai dengan keluhan penyerta. Apaakah setelah haid saya boleh melakukan program hamil kembali? atau harus ada jeda dulu ya dok setelah terjadi keguguran? Terima kasih.
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaKeguguran adalah keadaan ketika seorang ibu hamil kehilangan janinnya pada uisa kehamilan kurang dari dua puluh minggu. Hingga saat ini belum pastikan penyebab pasti dari keguguran. Tetapi adanya faktor genetik, masalah plasenta dan kondisi kesehatan kandungan bisa menjadi faktor untuk terjadi keguguran pada ibu hamil.Ketika terjadi keguguran, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan. Salah satu tujuanya adalah agar dilakukan pemeriksaan terkait dengan kondisi kesehatan kandungan. Sehingga kondisi ini menentukan apakah perlu dilakukan tindakan kuret ataukah tidak. 

Kapan hamil lagi setelah keguguran?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, setelah mengalami keguguran bisa melakukan program hamil kembali sekitar 3 - 6 bulan kemudian. Dengan memberikan jeda sekitar 3 - 6 bulan ini diharapkan hormon tubuh serta kondisi rahim sudah siap kembali untuk terjadi kehamilan. Meskipun demikian, alangkah baiknya bila Anda tetap melakukan konsultasi dan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis kandungan terdekat terkait dengan program hamil

Saat menjalani program hamil, Anda bisa melakukan tips berikut:

Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilkehamilankeguguran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil