Kapan pasien DBD dikatakan memasuki fase kritis?

ER Info Penanya: ER
Halo dokter, selamat pagi. Saya mau tanya soal DBD. Kapan pasien DBD bisa dikategorikan kritis dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ER,

Demam berdarah dengue adalah infeksi yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Infeksi ini ditemukan pada daerah beriklim tropis termasuk di Indonesia dimana penyakit ini merupakan penyakit endemik yang kasusnyer sering kali meningkat terutama pada musim hujan.

Demam berdarah dengue sendiri memiliki gejala utama demam tinggi antara 2-7 hari, sakit kepala, badan terasa nyeri, nyeri dibelakang kepala, ruam atau bintik pada tubuh, perdarahan gusi ataupun mimisan.

Fase-fase demam berdarah

Demam berdarah memiliki beberapa fase. Fase-fase demam berdarah dengue tersebut adalah:

  • Fase awal sendiri yaitu fase demam dimana demam bisa tinggi.
  • Pada hari ketiga sampai ketujuh demam bisa turun dimana fase ini masuk pada fase kritis dimana trombosit cenderung menurun dan bisa terjadi perdarahan spontan dan kebocoran plasma, tetapi demam bisa turun. Komplikasi bisa terjadi 1 sampai 2 hari setelah demam turun jadi perlu diwaspadai terutama jika ada perdarahan, penurunan kesadaran ataupun tanda-tanda syok yang bisa terjadi dengue shock syndrome
  • Setelah melewati fase kritis maka akan masuk pada fase pemulihan, dimana kondisi tubuh akan segera terasa membaik begitu juga dengan hasil pemeriksaan laboratorium

Demam berdarah sendiri ada beberapa grade mulai dari demam dengue, demam berdarah grade 1 sampai 3 dan juga sampai bisa menimbulkan kompilikasi dengue shock syndrome.

Untuk itu mari kita cegah penularan DBD dengan menjaga kebersihan lingkungan, memberantas sarang nyamuk dan juga menjaga kondisi kesehatan tubuh. Jika mengalami demam tanpa sebab jelas ataupun tanpa gejala lain yang khas segera lakukan pemeriksaan diri terlebih jika demam berlangsung lebih dari 3 hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Herpes labialis menyebabkan luka kemerahan di sekitar mulut

Luka Kemerahan di Sekitar Mulut, Mungkinkah Herpes Labialis?

Belum ada obat khusus untuk menangani herpes labialis. Sama seperti virus lainnya, kondisi ini bisa berulang tanpa gejala apa pun. Penanganan herpes labialis paling tepat ketika mulai terasa sensasi terbakar di sekitar bibir atau wajah.