Kapan perlu melakukan testpack?

ER Info Penanya: ER, Wanita
Selamat pagi dok,sya haid tgl 2 April selesai tgl 10 April bulan 10 mei saat ini sya Lom haid,ini gimana dok,apa sya telat haid/ tanda hamil
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ER,

Siklus haid normalnya adalah datang setiap bulan dengan periode 21-35 hari sekali. Apabila saat ini mengalami keterlembatan haid dari siklus biasa penyebabnya bisa beragam, tidak selalu karena tanda kehamilan.

Apabila sudah aktif melakukan hubungan seksual dan tidak menggunakan pengaman atau kontrasepsi, bisa dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. Jika ternyata negatif, tidak perlu langsung putus asa, pemeriksaan bisa diulang dalam 2 minggu jika masih belum juga terjadi menstruasi.

Beberapa penyebab siklus haid terlambat diantaranya:

  • Adanya masalah pada saluran reproduksi seperti misalnya PCOS
  • Adanya masalah hormonal
  • Gaya hidup yang kurang baik seperti kurang waktu tidur, sering kelelahan, aktivitas fisik berat
  • Mengalami stres atau beban pikiran yang mengganggu
  • Mengalami perubahan berat badan yang cepat dan drastis

Untuk itu perhatikan dulu dan coba perbaiki pola dan gaya hidup sehari-hari agar membantu tubuh lebih bugar dan juga siklus menstruasi yang lebih lancar.

Apabila sampai bulan berikutnya tidak juga terjadi menstruasi, ada baiknya dilakukan pemeriksaan dan upaya lain seperti mengonsumsi bahan alami untuk melancarkan siklus haid, berolahraga rutin dan juga melakukan pengobatan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda kehamilan yang mirip dengan PMS biasanya adalah susah tidur

Mirip Tanda-Tanda PMS, Ini Tanda-Tanda Kehamilan yang Membedakan

Tanda-tanda kehamilan mirip dengan ciri-ciri PMS. Perubahan mood, nyeri payudara, dan kram perut juga dirasakan. Perbedaannya tidak ada flek atau spotting.