Kapan masa subur setelah melahirkan?

SF Info Penanya: SF
Assalamu'alaikumSiang dok Saya fatimah, tgl 20 januari 2020 saya melahirkan pada saat usia kandungan 7 bulan. Bayi saya meninggal usia 20 hari. Air susu saya sudah tidak keluar & sekarang saya sedang mens. Vagina saya mengalami jahitan pascamelahirkanKapan masa subur saya dok ?Apakah kondisi vagina sudah aman jika saya berhubungan intim kembali ?Dan apakah kondisi rahim juga sudah aman jika saya berencana hamil lagi ?Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih.Wasalamu'alaikum
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang akan hamil lagi setelah melahirkan. Apalagi hormon dan siklus menstruasi seorang ibu pasca melahirkan belum teratur. Apakah seorang ibu menyusui juga memegang peran penting.

Hal yang menentukan seorang ibu bisa hamil lagi setelah melahirkan adalah kesuburannya. Semua proses setelah ibu melahirkan harus di sesuaikan terlebih dahulu sebelum ibu kembali mengalami proses panjang kehamilan hingga persalinan kedua.

Ovulasi setelah melahirkan menurut WHO tahun 2011 terjadi pada hari ke 74 setelah melahirkan, namun tidak semua wanita bisa hamil lagi setelah 74 hari setelah melahirkan. Ada banyak faktor yang berpengaruh seperti gaya hidup, kesehatan, stress, diet dan kontrasepsi yang digunakan.

Idealnya seorang ibu perlu menunggu setidaknya 12 bulan sebelum hamil lagi setelah melahirkan, karena dampak yang terlalu pendek dapat menyebabkan hal negatif pada calon janin dan ibu. Karena berisiko untuk lahir prematur. Jadi sebaiknya sebelum mempersiapkan kehamilan selanjutnya persiapkan segala kesiapan mental dan fisik. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan jika ada hal yang ingin di diskusikan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat hamil muda, calon ibu harus benar-benar memperhatikan pola hidupnya

8 Tips Hamil Muda yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Trimester pertama kehamilan seringkali membuat calon ibu was-was, oleh karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon ibu. Dari mengatur jadwal konsultasi dengan bidan hingga pola makan yang sehat perlu diperhatikan oleh ibu yang sedang hamil muda.