Kapan Dilakukan Test Setelah Terkena Darah Penderita HIV?

X Info Penanya: X, Wanita, 20 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, jika saya tidak sengaja memegang darah pasien yang positif HIV, apakah ada kemungkinan tertular? Apakah bisa dilakukan tes HIV? butuh berapa untuk dilakukan tesnya? (nb: tangan saya tidak ada luka sama sekali saat kejadian tersebut).
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore X,

Virus HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh salah satunya darah. Ketika secara tidak sengaja memegang darah pasien walaupun kulit tidak tampak luka tetap ada kemungkinan tertular karena mungkin ada luka kecil (micro lession) yang tidak kelihatan oleh mata. 

Sebaiknya segera ke dokter untuk dilakukan test dan mendapat terapi Post-Exposure Prophylaxis (PEP). Mulai pemberian PEP dalam 72 jam setelah paparan dapat mencegah kamu dari terkena HIV positif. Apabila hasil negatif, test akan diulang 3 bulan kemudian.

Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Jeng Yuliana

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi HIV dapat terjadi karena adanya kontak langsung dengan darah atau air mani

Waspada, Ini Gejala Awal HIV yang Harus Anda Kenali!

Gejala HIV bersifat individual sehingga setiap orang bisa berbeda-beda. Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui gejala awal HIV adalah dengan melakukan uji laboratorium. Namun, ada beberapa gejala yang bisa Anda pahami sebagai antisipasi, seperti demam, sakit tenggorokan, dan infeksi yang sering terjadi.