Kapan cara berjemur yang baik?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi, dokter! Dari kemarin banyak kawan saya yang menganjurkan untuk berjemur setiap jam 10 pagi untuk tangkal corona. Itu beneran dok? Apakah jam 10 itu aman, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Semenjak pandemi virus Corona merebak dan menginfeksi banyak orang, maka kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh mulai banyak diminati, salah satunya adalah dengan berjemur di sinar matahari pagi hari.

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu.

Beberapa manfaat berjemur di pagi hari :

  1. Meningkatkan kesehatan tulang
  2. Meningkatkan kualitas tidur
  3. Menghindari penyakit kulit
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
  5. Mengurangi risiko kanker

Menggunakan lotion kulit pelindung kulit matahari juga di sarankan untuk melindungi kulit Anda dari paparan langsung sinar matahari. Mengingat banyaknya manfaat dari sinar matahari, jadi jangan takut dengan sinar matahari dan dapatkan keuntungan dari olahraga di luar ruangan pada pagi hari.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala coronavirus dan flu biasa sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Gejala Coronavirus dan Flu Biasa

Gejala coronavirus atau COVID-19 dan flu bisa memiliki gejala yang hampir sama jika tidak segera diperiksa. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernapasan manusia.