Kapan bisa periksa kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Pagi dok, saya A 22 tahun. Hari haid terakhir 14 Juni. Saya test pack 5 hari setelah telat haid di bulan juli, hasilnya 2 garis samar, & pake digital test terdeteksi bahwa saya "pregnant. 2 - 3 weeks ago". Sekarang misal dihitung usia kehamilan sdh 5 minggu 3 hari. Pertanyaannya, di minggu keberapa saya harus periksakan kehamilan saya ini? Karena semenjak test pack 2 garis samar dan digital test, saya belum periksakan ke bidan/dokter. Apakah periksa bisa dilakukan di minggu ke-8 sekalian usg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

Gejala awal kehamilan adalah gejala yang bisa timbul saat setelah terjadi pembuahan yang ditandai beberapa gejala seperti timbulnya flek darah 1-2 minggu setelah melakukan hubungan seksual, terlambat haid, rasa mual dan muntah di pagi hari, rasa tidak nyaman di payudara, menjadi lebih mudah lelah, mood yang mudah berubah dan gejala lain.

Apabila terjadi gejala kita bisa coba melakukan tes kehamilan menggunakan testpack. Alat testpack sendiri akan mendeteksi adanya peningkatan hormon kehamilan yang sampelnya diambil melalui urine. Alat tes kehamlan bisa paling cepat mendeteksi kehamilan setelah 1 minggu terjadinya pembuahan.

Apabila sudah dilakukan pemeriksaan awal dengan testpack, maka perlu dipastikan dengan pemeriksaan USG pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Idealnya pemeriksaan USG bisa dilakukan di minggu ke 8-12, atau bisa lebih cepat tapi bisa perlu dilakukan USG transvaginal untuk melihat ada tidaknya kantung janin yang terbentuk.

Untuk mengetahui usia kandungan sendiri di hitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Jika haid 7 hari dan hari terakhir haid 14 Juni maka HPHT adalah tanggal 7 Juni dan saat ini usia kehamilan memasuki minggu ke 6 kehamilan. Jadi bisa coba lakukan pemeriksaan USG 2 minggu lagi.

Nutrisi kehamilan

Sementara itu perlu tetap memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil terutama bisa mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung:

  • Asam folat
  • Kalsium
  • Protein
  • Zat besi
  • Multivitamin
  • DHA

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketahui posisi tidur Ibu hamil muda yang tepat agar waktu tidur lebih berkualitas

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Tepat dan Nyaman

Posisi tidur ibu hamil pentin untuk diketahui, demi menjamin jam istirahat yang berkualitas. Posisi tidur yang ideal untuk ibu hamil pada trimester pertama termasuk tidur miring dan telentang.