Kapan bisa melakukan hubungan intim kembali setelah melahirkan normal?

SL Info Penanya: SL
Kapan bisa melakukan hubungan intim setelah mlahirkan normal ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SL

Biasanya dokter akan merekomendasikan waktu menunggu selama 4-6 minggu setelah melahirkan. Baik melahirkan dengan atau tanpa operasi. Karena risiko komplikasi paling tinggi adalah satu sampai dengan dua minggu setelah melahirkan. Tujuan menunggu agar tubuh bisa pulih kembali, selain itu selama masa nifas masih ada cairan yang keluar dan robekan pada vagina. Selain itu tubuh juga masih merasa lelah, vagina kering, nyeri dan kurang bergairah.

Perubahan hormonal setelah melahirkan akan mengakibatkan vagina kering dan sensitif, ditambah bila memberikan ASI. Gunakan pereda nyeri dan pelumas yang dijual bebas di apotik/toko. Komunikasi yang baik harus terjalin agar dapat mengetahui mana yang masih nyeri dan tidak nyaman.

Bila masih terasa nyeri juga, sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk tatalaksana selanjutnya. Kemudian saya lampirkan juga artikel Secepat Apa Seorang Ibu Bisa Hamil Lagi Setelah Melahirkan? untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Musim hujan 2019/20 diperkirakan akan mencapai puncak pada Januari 2020

4 Tips Menghadapi Musim Hujan 2019 Agar Tidak Gampang Sakit

Musim hujan identik dengan musim penyakit. Namun, Anda dapat tetap sehat selama musim hujan 2019 ini dengan menjalani beberapa tips berikut.