Kapan bisa dikatakan telat haid

SU Info Penanya: SU, Wanita, 26 Tahun
Hallo dok saya ingin bertanya,Bulan juni saya haid tanggal 11,bulan juli saya haid tanggal 16,dan bulan ini saya belum haid,kapan bisa d nyatakan telat haid?dan kapan bisa tespekTerima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang B,

Siklus menstruasi normalnya adalah 21-35 hari sekali. Jika sebelumnya di bulan juni haid ditanggal 11 dan di bulan Juli haid di tanggal 16 berarti siklusnya adalah 35 hari. Jadi untuk bulan agustus bisa haid di tanggal 19-21 agustus. Untuk testpack sendiri sebenarnya bisa tidak perlu menunggu terlambat haid. Pemeriksaan testpack bisa paling cepat dilakukan 1 minggu setelah melakukan hubungan seksual.

Apabila nantinya setelah dilakukan testpack hasilnya negatif bisa diulang jika terlambat menstruasi. Bisa coba kembali diulang melakukan pemeriksaan testpack jika sampai tgl 21 agustus tidak juga menstruasi.

Penyebab terlambat menstruasi

Meskipun begitu perlu dipahami jika terlambat menstruasi tidak hanya disebabkan oleh kehamilan tapi juga bisa beragam faktor lain seperti:

  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Mengalami stres fisik dan mental
  • Gaya hidup yang kurang sehat
  • Penggunaan KB
  • Kondisi hormonal yang tidak seimbang
  • Menderita kondisi kesehatan lain seperti penyakit tiroid

Jadi tidak perlu cemas ataupun menjadi beban pikiran karena hasil testpack yang tidak sesuai dengan harapan. Apabila siklus haid juga tidak teratur sebaiknya memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan apa penyebabnya. Upayakan untuk memperbaiki pola hidup dan kebiasaan sehari-hari sehingga bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat nyeri haid yang bisa dibeli di apotek

Pilihan Obat Nyeri Haid yang Bisa Dibeli Bebas di Apotek

Obat nyeri haid yang ampuh saat ini sudah dapat Anda beli sendiri di apotek tanpa resep dari dokter. Umumnya, obat jenis ini masuk ke dalam golongan obat OAINS.