06 Sep 2021, 17:29Penyakit Lainnya

Apakah anak berumur 1 tahun, boleh mengkonsumsi makanan yang dibuat dengan proses digoreng ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dok, sejak umur 6 bulan, MPASI saya selalu berupa rebusan atau kukus. Nah, anak saya sekarang sudah umur 1 tahun, apakah sudah boleh untuk mengonsumsi makanan yang dibuat dengan proses digoreng? Kalau belum, kapan bayi boleh makan makanan yang digoreng?
694 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Memberikan makanan pada anak harus memperhatikan nilai gizi, jumlah, frekuensi, cara masak, dan kebersihannya sehingga asupan nutrisi untuk anak terus terjaga, anak tumbuh menjadi anak yang kuat dan sehat.

Kapan bayi boleh makan makanan yang digoreng ?

Bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) sejak usia 6 bulan. Namun pada beberapa kondisi, bayi disarankan MPASI dini maupun ditunda hingga bayi siap menerima makanan. MPASI yang baik terdiri dari berbagai komponen berikut :
  • Karbohidrat berupa nasi, jagung, gandum.
  • Protein hewani seperti daging, ayam, telur.
  • Protein nabati berupa tahu, tempe dan kacang-kacangan.
  • Lemak.
Umumnya ibu akan memberikan MPASI berupa rebusan atau kukus. Anak Anda saat ini berumur 1 tahun, boleh mengkonsumsi makanan yang dibuat dengan proses digoreng. Tentunya tetap memperhatikan nilai gizi dari makanan. Sebaiknya dalam proses menggoreng makanan, Anda menggunakan minyak baru dan sekali pakai. Anda juga dapat menggunakan mentega maupun minyak zaitun.Lengkapi pula makanan si kecil dengan sayur serta buah. Anda juga dapat memberikan cemilan seperti biskuit, pergedel, salad, maupun es krim untuk buah hati. Sesuaikan tekstur agar bayi tidak tersedak. Jika setelah konsumsi berbagai makanan, bayi Anda menjadi diare, sakit perut, bawa segera ke dokter spesialis anak.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kesehatan anaknutrisi anaktumbuh kembang anak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil