03 Oct 2021, 00:28Mata

Kapan bayi bisa melihat jelas?

P
Info Penanya: P0
Dokter, anak saya umur 2 bulan tapi belum bisa merespon kalau saya memainkan jari di dekat matanya. Kapan bayi bisa melihat jelas? Bagaiamana cara membuat bayi bisa melihat jelas? Apa penyebab bayi tidak bisa melihat jelas padahal sudah waktunya?
81 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PPada dasarnya bayi saat baru lahir belum bisa melihat dengan jelas. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui pada perkembangan mata bayi hingga bisa melihat dengan jelas.

Kapan Bayi Bisa Melihat Dengan Jelas

Saat usia 0-1 bulan bayi baru bisa melihat objek dengan jarak 15-22cm dan merespon terhadap cahaya yang terang atau warna yang kontras. Pada anak anda yang baru berusia 2 bulan dimana penglihatannya masih belum jelas, namun sudah bisa mulai membedakan warna atau mengenali mata orang tua ataupun orang sekitar. Jadi wajar saja jika bayi anda belum bisa merespon saat anda memainkan jari.Semakin besar maka penglihatan anak akan semakin berkembang, hingga usia 1 tahun ke atas anak sudah bisa melihat dengan jelas seperti orang dewasa. Untuk membantu menstimulasi agar perkembangan penglihatan anak optimal anda bisa memberikan cahaya dari samping, mainan dengan berbagai warna terang atau mencolok, mengajak bayi berbicara, bermain atau berinteraksi. Selain itu nutrisi bayi dari ASI eksklusif, MPASI maupun susu formula, serta kebersihan mata bayi juga penting untuk menunjang penglihatan yang optimal. 

Hal Yang Perlu Diwaspadai Pada Perkembangan Mata Bayi

Anda juga harus terus memperhatikan apakah adanya kejanggalan atau kelainan pada tahap perkembangan anak sesuai usianya secara berkala. Adanya gangguan penglihatan bayi bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti infeksi, gangguan saraf, kelainan otot mata, katarak, kelainan struktur mata atau kanker mata. Berbagai tanda adanya kelainan pada mata anak yang harus anda waspadai adalah:
  • Mata terlihat juling
  • Tidak dapat merespon pada cahaya terang atau benda
  • Mata bergerak tidak teratur
  • Memposisikan kepala terlebih dahulu agar bisa melihat dengan baik
  • Bintik hitam mata berwarna putih
  • Mata berair, kemerahan, bengkak dan sering belekan
  • Mata seperti mata kucing saat terkena cahaya flash saat difoto
  • Kelainan pada kelopak mata
  • Bola mata tidak bergerak
  • Tidak dapat membedakan warna
Jika terdapat berbagai kejanggalan di atas maka perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter mata.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kesehatan mataperkembangan anakpenyakit matapenglihatan kaburgangguan mataperkembangan bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil