Kapan air mani akan penuh?

SK Info Penanya: SK, Pria, 17 Tahun
Berapa hari mani akan penuh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SK,

Air mani adalah cairan yang diproduksi oleh vesikula seminalis dimana air mani merupakan cairan ejakulat yang mengandung sel sperma. Vesikula seminalis juga merupakan pemberi makanan, energi dan memproduksi air mani untuk alat transport sel sperma untuk bisa membuahi sel telur. 

Proses pembentukan dan produksi sperma sendiri terjadi pada organ reproduksi dimana sebenarnya sel sperma diproduksi setiap hari tetapi untuk bisa matang dari awal proses bisa berlangsung selama kurang lebih 70 hari. Prosesnya sendiri bisa bermula di testis kemudian jika sudah matang akan bergerak ke epididimis dan kemudian. 

Jika menginginkan sperma yang sehat dan matang maka ada baiknya tidak melakukan ejakulasi antara 2-7 hari sama seperti jika akan melakukan pemeriksaan sampel sperma dimana perlu tidak melakukan ejakulasi selama 2-7 hari. Untuk menjaga sperma sehat maka perlu dilakukan sejumlah hal seperti menjaga gaya hidup sehat, tidak merokok, makan-makanan bernutrisi, rutin berolahraga dan hindari kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan sperma. Jika nanti akan menikah juga perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter ahli andrologi untuk menilai kondisi kesuburan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.