Kantung mata sering bengkak dan hidung pilek setiap udara dingin

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Kantung mata saya sering bengkak dan hidung pilek setiap terkena suhu udara dingin.. Kadang bisa sampek demam dan pusing juga kalo suhunya dingin banget.. Kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MU,

Sering timbul pilek setiap terkena udara dingin dapat disebabkan beberapa penyebab seperti reaksi alergi, rhinitis, flu, infeksi saluran napas dan penyebab lain. Pada rhinitis sendiri yang merupakan peradangan pada bagian dalam rongga hidung, bisa disebabkan oleh alergi dan non alergi. Rhinitis alergi sendiri dapat dipicu oleh beragam alergen seperti udara dingin, debu, bulu hewan, tungau, serbuk tumbuhan, bahan tertentu, makanan dan minuman tertentu.

Gejala rhinitis alergi diantaranya seperti:

  • Hidung berair dan tersumbat
  • Mata terasa gatal sehingga tidak jarang menimbulkan mata merah
  • Bersin
  • Batuk
  • Timbul kantong mata karena kulit bawah mata bengkak
  • Kelelahan

Jika tidak diatasi dapat menimbulkan infeksi pada sinus atau yang dikenal dengan sinusitis. Untuk itu perlu dilakukan penanganan dan pencegahan seperti dengan mengonsumsi obat anti histamin, menjaga saluran napas dengan menggunakan masker jika berada di lingkungan luar, upayakan tempat tinggal bersih dari pencetus alergi, bersihkan hidung dengan membilasnya menggunakan larutan saline atau air garam.

Jika keluhan menjadi lebih sering, nyeri wajah, demam, hidung tersumbat, bibir dan mata bengkaka segera periksakan diri pada dokter spesialis THT untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk alergi dapat disebabkan oleh iritan atau zat-zat tertentu di udara

Apa Perbedaan Batuk Alergi dan Batuk Flu? Ini Penjelasannya

Terdapat perbedaan batuk alergi dengan batuk flu, terutama dalam hal penyebab dan durasi berlangsungnya. Kenali perbedaan selengkapnya dalam artikel ini.