13 Mar 2020, 10:25Infeksi

Kenapa sering buang air kencing?

YA
Info Penanya: YA, Wanita, 19 Tahun
Hai dok, saya dalam sehari bisa ke wc berkali kali, kalau setelah minum juga bentar doang dah hrs ke wc buat buang air kecil, setelah ke wc minum lagi bntr lgi jg dh hrs ke wc, habistu kalau malam juga terkadang tiba tiba kebangun cuman karena ga tahan lagi harus buang air kecil bisa sampai 2 kali. Kira kira kenapa ya?
18764 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat siang YA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Sering buang air kecil bisa di sebabkan karena terlalu banyak minum ataupun karena kondisi medis tertentu. Normalnya buang air kecil dalam sehari adalah 4-8 kali atau sekitar 1-1,8 liter. Namun jika Anda sering buang air kecil padahal hanya minum sedikit, penyakit lain yang mungkin bisa Anda rasakan :
  • Diabetes
    Sering buang air kecil saat malam hari, disertai rasa mudah lapar dan haus dapat menjadi salah satu penyebab gejala diabetes.
  • Infeksi saluran kemih
    Rasa ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, disertai demam, dan nyeri di bagina peru bagian bawah.
  • Infeksi ginjal
    Di samping sering buang air kecil, gejala infeksi ginjal lainnya adalah sakit punggung, mual, muntah, demam serta mengigil
  • Kehamilan
    Pada awal kehamilan, rahim akan tumbuh dan menekan kandung kemih sehingga menyebabkan sering buang air kecil.
  • Kandung kemih terlalu aktif
    Otot kandung kemih berkontraksi secara berlebihan, sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kecil walaupun urine belum penuh.
Penanganan yang bisa Anda lakukan jika kondisi kandung kemih yang terlalu aktif seperti senam kegel berfungsi untuk menguatkan otot di sekitar kandung kemih dan uretra, menghindari konsumsi minuman keras, kafein dan soda. Untuk mengetahui penyebab pasti dari seringnya Anda buang air kecil sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan penunjang lainnya seperti lab.Semoga bermafaat,Salam sehat,dr. Aisyah
diabetesinfeksi saluran kencinginfeksi ginjal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil